Sunday, December 07, 2008

Tabut di Tangan Orang-orang Palestin

5:1 Sesudah orang Filistin merampas tabut Allah, maka mereka membawanya dari Eben-Haezer ke Asdod.
5:2 Orang Filistin mengambil tabut Allah itu, dibawanya masuk ke kuil Dagon dan diletakkannya di sisi Dagon.
5:3 Ketika orang-orang Asdod bangun pagi-pagi pada keesokan harinya, tampaklah Dagon terjatuh dengan mukanya ke tanah di hadapan tabut TUHAN; lalu mereka mengambil Dagon dan mengembalikannya ke tempatnya.
5:4 Tetapi ketika keesokan harinya mereka bangun pagi-pagi, tampaklah Dagon terjatuh dengan mukanya ke tanah di hadapan tabut TUHAN, tetapi kepala Dagon dan kedua belah tangannya terpenggal dan terpelanting ke ambang pintu, hanya badan Dagon itu yang masih tinggal.
5:5 Itulah sebabnya para imam Dagon dan semua orang yang masuk ke dalam kuil Dagon tidak menginjak ambang pintu rumah Dagon yang di Asdod, sampai hari ini.
5:6 Tangan TUHAN menekan orang-orang Asdod itu dengan berat dan Ia membingungkan mereka: Ia menghajar mereka dengan borok-borok, baik Asdod maupun daerahnya.
5:7 Ketika dilihat orang-orang Asdod, bahwa demikian halnya, berkatalah mereka: "Tabut Allah Israel tidak boleh tinggal pada kita, sebab tangan-Nya keras melawan kita dan melawan Dagon, Allah kita."
5:8 Sebab itu mereka memanggil berkumpul kepadanya semua raja kota orang Filistin dan berkata: "Apakah yang akan kita lakukan dengan tabut Allah Israel itu?" Lalu kata mereka: "Tabut Allah Israel harus dipindahkan ke Gat." Jadi mereka memindahkan tabut Allah Israel itu ke sana.
5:9 Tetapi setelah mereka memindahkannya, maka tangan TUHAN mendatangkan kegemparan yang sangat besar atas kota itu; Ia menghajar orang-orang kota itu, anak-anak dan orang dewasa, sehingga timbul borok-borok pada mereka.
5:10 Lalu mereka mengantarkan tabut Allah itu ke Ekron. Tetapi sesampai tabut Allah itu di Ekron, berteriaklah orang Ekron itu, demikian: "Mereka memindahkan tabut Allah Israel itu kepada kita untuk mematikan kita dan bangsa kita."
5:11 Sebab itu mereka memanggil berkumpul semua raja kota orang Filistin itu dan berkata: "Antarkanlah tabut Allah Israel itu; biarlah itu kembali ke tempatnya, supaya jangan dimatikannya kita dan bangsa kita." Sebab di seluruh kota itu ada kegemparan maut; tangan Allah menekan orang-orang di sana dengan sangat berat:
5:12 orang-orang yang tidak mati, dihajar dengan borok-borok, sehingga teriakan kota itu naik ke langit.
(Samuel 1)

PENJELASAN

Setelah berjaya mengusir tentera Bani Israil dan merampas tabut, orang-orang Palestin meletakkan tabut di sisi tuhan mereka yang bernama Dagon di sebuah kuil di Asdod. Sesuatu yang aneh berlaku keesokan paginya kerana tidak semena-mena mereka menemui patung Dagon jatuh terlungkup ke tanah. Mereka pun meletakkan Dagon ke tempatnya kembali.

Esoknya pula, mereka lebih terkejut kerana mendapati bukan saja patung Dagon jatuh terlungkup tetapi kepalanya dan kedua-dua belah tangannya terpenggal dan tercampak ke pintu kuil. Sejak itu orang-orang Asdod tidak berani lagi masuk ke kuil Dagon. Tidak cukup setakat itu, penduduk Asdod dan sekitarnya ditimpakan pula penyakit ‘borok-borok’. Apakah penyakit borok-borok ini?

Alkitab Kabar Baik mengatakan penyakit benjol-benjol pada tubuh.
Alkitab Firman Allah yang Hidup mengatakan penyakit puru.
Alkitab Terjemahan Lama mengatakan penyakit puru.
Alkitab Shellabear mengatakan penyakit bisul.
Alkitab ENDE mengatakan penyakit bisul.
Bible in Basic English mengatakan “disease”.
The Message Bible mengatakan “tumors”.
New King James Version mengatakan “tumors”.

Kejadian ini menyebabkan orang-orang Palestin memindahkan tabut ke Gat. Penduduk Gat diserang penyakit borok-borok. Mereka memindahkan tabut ke Ekron pula, tetapi awal-awal lagi penduduk Ekron membantah kerana takut akan tabut dan Tuan Tabut itu iaitu Allah.

Akhirnya raja-raja Palestin bermesyuarat dan bersetuju untuk memulangkan saja tabut kepada Bani Israil.

Maklumat penting yang kita perolehi di sini ialah:
1. Tabut benda yang suci. Ia tidak boleh dihina dengan meletakkanya di tempat dan tangan orang yang tidak sepatutnya.
2. Jika kesucian tabut dicemari, bala daripada Allah akan turun.

0 comments:

Related Posts with Thumbnails