Sunday, December 07, 2008

Lagi Keistimewaan Tabut

Kitab Yoshua bercerita:

6:1 Dalam pada itu Yerikho telah menutup pintu gerbangnya; telah tertutup kota itu karena orang Israel; tidak ada orang keluar atau masuk.
6:2 Berfirmanlah TUHAN kepada Yosua: "Ketahuilah, Aku serahkan ke tanganmu Yerikho ini beserta rajanya dan pahlawan-pahlawannya yang gagah perkasa.
6:3 Haruslah kamu mengelilingi kota itu, yakni semua prajurit harus mengedari kota itu sekali saja; demikianlah harus engkau perbuat enam hari lamanya,
6:4 dan tujuh orang imam harus membawa tujuh sangkakala tanduk domba di depan tabut. Tetapi pada hari yang ketujuh, tujuh kali kamu harus mengelilingi kota itu sedang para imam meniup sangkakala.
6:5 Apabila sangkakala tanduk domba itu panjang bunyinya dan kamu mendengar bunyi sangkakala itu, maka haruslah seluruh bangsa bersorak dengan sorak yang nyaring, maka tembok kota itu akan runtuh, lalu bangsa itu harus memanjatnya, masing-masing langsung ke depan."

6:15 Tetapi pada hari yang ketujuh mereka bangun pagi-pagi, ketika fajar menyingsing, dan mengelilingi kota tujuh kali dengan cara yang sama; hanya pada hari itu mereka mengelilingi kota itu tujuh kali.
6:16 Lalu pada ketujuh kalinya, ketika para imam meniup sangkakala, berkatalah Yosua kepada bangsa itu: "Bersoraklah, sebab TUHAN telah menyerahkan kota ini kepadamu!

6:20 Lalu bersoraklah bangsa itu, sedang sangkakala ditiup; segera sesudah bangsa itu mendengar bunyi sangkakala, bersoraklah mereka dengan sorak yang nyaring. Maka runtuhlah tembok itu, lalu mereka memanjat masuk ke dalam kota, masing-masing langsung ke depan, dan merebut kota itu.
6:21 Mereka menumpas dengan mata pedang segala sesuatu yang di dalam kota itu, baik laki-laki maupun perempuan, baik tua maupun muda, sampai kepada lembu, domba dan keledai.

PENJELASAN:

Yusha’ bin Nun memimpin Bani Israil untuk menakluki kota Jericho yang terkenal dengan keutuhan temboknya. Kota itu berjaya dikalahkan dalam masa seminggu. Pada setiap hari sekali tentera Bani Israil dan para pendeta akan membawa tabut mengelilingi kota Jericho dalam keadaan senyap. Pada hari ketujuh, tabut dibawa mengelilinginya sebanyak tujuh kali. Kemudian Bani Israil diperintahkan supaya bersorak dengan kuat. Dengan kuasa Tuhan, tembok kota Jericho runtuh dan Bani Israil terus menyerang dan menguasainya.


Tambahan:


Umat Islam melakukan tawaf semasa mengerjakan ibadah haji dengan 7 kali pusingan.

0 comments:

Related Posts with Thumbnails