Kajian dan pemerhatian ringkas tentang Al-Quran, As-Sunnah (hadis), agama-agama dunia, kitab-kitab suci pelbagai agama, manuskrip-manskrip kuno, alam semesta (bumi dan angkasa lepas), ilmu perbandingan agama, sejarah, peristiwa-peristiwa akhir zaman, kiamat, alam akhirat, alam ghaib, sains, astronomi (falak) dan lain-lain ilmu alam.

Sunday, December 07, 2008

Hubungan Tabut dengan Taurat

Beginilah kisah Nabi Musa as dalam Kitab Ulangan:

31:2 Berkatalah ia kepada mereka: "Aku sekarang berumur seratus dua puluh tahun; aku tidak dapat giat lagi, dan TUHAN telah berfirman kepadaku: Sungai Yordan ini tidak akan kauseberangi.
31:3 TUHAN, Allahmu, Dialah yang akan menyeberang di depanmu; Dialah yang akan memusnahkan bangsa-bangsa itu dari hadapanmu, sehingga engkau dapat memiliki negeri mereka; Yosua, dialah yang akan menyeberang di depanmu, seperti yang difirmankan TUHAN.

31:10 Dan Musa memerintahkan kepada mereka, demikian: "Pada akhir tujuh tahun, pada waktu yang telah ditetapkan dalam tahun penghapusan hutang, yakni hari raya Pondok Daun,
31:11 apabila seluruh orang Israel datang menghadap hadirat TUHAN, Allahmu, di tempat yang akan dipilih-Nya, maka haruslah engkau membacakan hukum Taurat ini di depan seluruh orang Israel.
31:12 Seluruh bangsa itu berkumpul, laki-laki, perempuan dan anak-anak, dan orang asing yang diam di dalam tempatmu, supaya mereka mendengarnya dan belajar takut akan TUHAN, Allahmu, dan mereka melakukan dengan setia segala perkataan hukum Taurat ini,
31:13 dan supaya anak-anak mereka, yang tidak mengetahuinya, dapat mendengarnya dan belajar takut akan TUHAN, Allahmu, --selama kamu hidup di tanah, ke mana kamu pergi, menyeberangi sungai Yordan untuk mendudukinya."

31:24 Ketika Musa selesai menuliskan perkataan hukum Taurat itu dalam sebuah kitab sampai perkataan yang penghabisan,
31:25 maka Musa memerintahkan kepada orang-orang Lewi pengangkut tabut perjanjian TUHAN, demikian:
31:26 Ambillah kitab Taurat ini dan letakkanlah di samping tabut perjanjian TUHAN, Allahmu, supaya menjadi saksi di situ terhadap engkau.

PENJELASAN:

Nabi Musa as semakin tua. Usianya sudah 120 tahun dan kekuatannya tidak seperti sebelumnya. Tuhan telah mewahyukan kepada Nabi Musa mengatakan dia tidak akan sempat berhijrah menyeberangi Sungai Jordan. Maksudnya Nabi Musa akan wafat sebelum penghijrahan itu berlaku. Tuhan juga memaklumkan bahawa penghijrahan itu nanti akan dipimpin oleh Yusha’ bin Nun.

Nabi Musa berpesan agar Taurat yang ditulisnya dibacakan kepada semua pada setiap tujuh tahun pada Hari Raya Pondok Daun. Pesan ini ditujukan kepada para pendeta Bani Levi (keturunan Nabi Nabi Harun as) yang diberi tugas menjaga hal ehwal keagamaan Bani Israil.

Setelah Nabi Musa selesai menulis Kitab Taurat, dia memerintahkan para pendeta Bani Levi supaya meletakkan Taurat DI SAMPING tabut. Setakat maklumat ini, tahulah kita yang Taurat diletak DI SAMPING tabut, bukan DI DALAM tabut.

Kita lihat ayat daripada Alkitab dan Bible yang lain:

“Ambillah buku Hukum Allah ini, dan taruhlah DI SEBELAH Peti Perjanjian TUHAN Allahmu, supaya tetap ada di situ sebagai kesaksian terhadap bangsa itu. (Alkitab Kabar Baik)

“supaya meletakkan kitab hukum itu SI SAMPING tabut perjanjian TUHAN untuk menjadi peringatan kepada bangsa Israel. (Alkitab Terjemahan Lama)

“Ambillah olehmu akan kitab taurat ini, letakkanlah dia PADA SISI tabut perjanjian Tuhan, Allahmu, supaya di sanalah ia itu akan saksi atas kamu.” (Alkitab Firman Allah yang Hidup)

“Ambillah olehmu kitab hukum ini taruhlah PADA SISI tabut perjanjian Tuhanmu Allah supaya yaitu ada di sana akan suatu saksi atas engkau.” (Alkitab Shellabear)

"Ambillah kitab hukum ini dan letakkanlah DISAMPING peti perdjandjian Jahwe Allahmu, supaja disana berupalah saksi terhadapmu.” (Alikitab Ende)

“Take this book of the law and put it BY THE ARK of the Lord’s agreement, so that it may be a witness against you. (Bible in Basic English)

"Take this Book of Revelation and place it ALONGSIDE the Chest of the Covenant of GOD, your God. Keep it there as a witness.” (The Message Bible)

"Take this Book of the Law, and put it BESIDE TEH ARK of the covenant of the LORD your God, that it may be there as a witness against you; (Bible- New King James Version)

“this book of the law, and put it in THE SIDE of the ark of the covenant of the LORD your God, that it may be there for a witness against thee.” (Bible- Revise Webstre Version)

"Take this Book of Teachings, and put it NEXT TO THE ARK of the promise of the LORD your God, where it will be a witness against you.” (Bible- God’s Word Translation)

“Take this scroll of the law and place it BESIDE THE ARK of the covenant of the Lord your God. It will remain there as a witness against you,” (NET Bible)

Jelas, perintah Nabi Musa ialah supaya kitab Taurat diletakkan di samping tabut, bukan di dalamnya. Begitulah hubungan antara Taurat dengan tabut pada zaman Nabi Musa as.

No comments:

Related Posts with Thumbnails